Our Dream..3 Years Ago (last part)

121207 6:23 am

Maping The Dream

Seperti yang gw tulis:

Buat gw mimpi atau impian adalah manifestasi dari apa yang harus lo lakuin saat ini untuk bisa menjadikannya nyata di kemudian hari.

Then, we call it “Visi dan Misi” Visi adalah mimpi itu sendiri dan Misi nya berupa langkah2 kongkret, apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkannya.

Okey, lets figure out and make our dream more detail,

Pertama, dari visi dan misi, gw rasa unsur2 yang lo sebut itu udah ada, cuman perlu lebih dipertajam aja. Dari awal, secara g sengaja pertanyaan gw dah memberi batasan waktu, jelas banget ..”Bagaimana di hari ini lo ngeliat diri lo 5 atau 10 taon mendatang?” .

Menanggapi tulisan gw, BingO!!..lo lansung nangkep apa sebenarnya maksud dasar gw, yaitu mimpi2 yang logis, bukan mimpi2 yang ngoyo, maksa.

Bukan mimpi jadi istri “orang tercakep terkenal se-jagad2” atau jadi Miss Dunia TerCanTik se-ampun2”, itu mah mimpi2 gw waktu gw masih pake seragam putih-biru dongker!

Masalah spesifik, mungkin bener kita mikirnya baru ngambil kulit2nya aja.

Tapi not bad lah sebagai permulaan, tinggal bagaimana kita memolesnya aja.

Ibarat donat2 J.Co. setidaknya qt dah punya “roti bulet bolong tengahê”nya, tinggal bermain dengan isi dan toping.

Ngomongin masalah spesifikasi, mungkin kayaknya kita perlu ngukur2 seperti apa mimpi2 kita lebih jauh, mungkin dianalisa StrengthWeaknessOppurtinityTreat atau yang lain, ya nggak?

tHen, gw rasa Ninshq, kalo bener2 pengen keinginan2 itu tercapai, g cuman ngemeng besar doang…benar!!..kita harus jelas dan terarah, spesifik, karena itu akan jadi fondasi yang kokoh buat kita, bertindak dengan tepat.

Dan meskipun kita punya tenggang waktu, misalnya nih dalam kasus kita 5 , 10 tahun, kita tu sebaiknya harus punya subtenggang waktu lagi. Maksud gw kita harus punya semacam progress report. Misalkan bikin jadwal mingguan atau bulanan, apa2 yang musti dipersiapin (g dalam setaun lagi kita lulus lo nin dan 5 taon bulan lah waktu yang lama gw rasa). Jadi akan lebih terarah ke impian2 kita dari waktu ke waktu. Dan dengan begitu tingkat kegagalan dapat dikurangi, apa yang kita lakuin dapat lansung dievaluasi, kalau misalkan ada yang salah, dari dini dapat kita perbaiki. Bener gak?

Mengenai pertanyaan ”… lalu apa setelah lo bisa gapai mimpi lo..?”

Lo bener, setelah 5 atau 10 tahun, wallahu’alam apa yang akan terjadi, kita butuh follow up, kalo impian tercapai lalu apa? Sampai disitu doang? Gw rasa enggak, karena dah sifat manusia gak pernah puas. Day by day Ninshq, we move..!!! gw rasa tiap hari keinginan juga bergerak, up and down, bisa jadi hasrat menurun atau malah makin tinggi. Gw yakin akan banyak lagi impian2 baru terbentuk setelah itu. Misal nih, lo dah mapan berkeluarga, settle, gaji seperti yang lo sebut diatas, lo pengen yang lebih, apaaa gitu..jalan2 keluar negeri mungkin..umroh atau sekalian naek haji..apapun itu..

Yang miris itu adalah apa yang bakalan lo lakuin kalo ternyata kenyataan g seperti yang lo inginkan?

Gw bikin alternatif Ninshq, ada plan A ada plan B. Gw pengen jadi anchor, tp gw realistis juga, cuz i know physicly gw jauuuh..so kalo g bisa menembus itu, mungkin gw jadi orang kantoran. Gw berharap gw gawe di tempat yang relevan dengan latar belakang pendidikan, idealnya. Mungkin diawal2 lulus, agak idealis. Melamar pada perusahaan2 seperi SuperUnggas, Cheil Jedang, Jakfa, TrObOS, Indofeed, Charoen (whakaka)..yah…pokoknya begitu lah. G ada progress, gw banting stir..ngelamar kemana ja…whakakakakka..sounds like tipikal freshgraduated yang frustasi ditolak sana sini, ngelanjutin percakapan sekilas kita tentang kemana setelah lulus. Gw mungkin g pulang dulu Ninshq, cuz i know peluang gw lebih kecil. Dirumah ruang gerak dan informasi gw bakal terbatas banget. So, gw tetep disini, istilahnya nyari peruntungan disini. I’ll do my best to keep survive.

Pilihan lain juga gw ancang2..gw ngelamar di PSSP, jadi staff di sana, cari peluang dapetin beasiswa S2 Primata kalo g di luar yaaa IPB juga not bad lah. Secara kemaren2 Bu Prap dah kasih gambaran dy mo ngerokemendasiin siapa aja yg tertarik thesis primatologi. Satu peluang dah ditangan.

Okey, terlepas dari itu semua..all we must have ya itu tadi yang lo sebut FaitH..percaya..YaKin..

Karena

U are what you think..Allah akan memberi umat Nya seperti apa yang umatNya pikirkan,  Kita mikir negatif, pikiran sempit ga bisa ngelakuin apa2 kalopun ngelakuin gw rasa g maksimal karena hatinya g total..penuh keluh kesah. Dengan berpikiran positif, hati lapang melakukan segala sesuatu, segala hambatan rintangan di lalui dengan tenang, pikiran jernih,berusaha dan berdoa.  itu kan intinya kita selalu dibisikin positif thinkin’ saat kita lagi kacau..galau..emosi.. intinya gw ngomong gini adalah Keep moving..ayok kita petakan mimpi2 secara rinci dan teruslah Percaya..yakin kalo suatu saat apa yang kita tulis ini jadi nyata..Karena dari PERCAYA dan yakin, tekad kita akan semakin bulad,, Come On, GO GET ’EM!!!!

– MiQi –

2 Comments (+add yours?)

  1. Ninshq
    Feb 28, 2010 @ 08:39:52

    miqqiiiiiii baca tulisan ini mengingatku akan masa2 ituu..begadang di kamar kosan dengan laptop tetap menyala sampai pagi…membiarkan em-er-be kita tetap hidup untuk memberitahu dunia ttg mimpi2 kita. huwaa..semangat banget nulis, buru2 ngesave di usb, besoknya tuh usb lngsung pindah tangan untuk loe baca & balas..rasanya nunggu balesan lo lamaa banget samnking smngatnya. our way of replying messanges was very very traditional…maklum kita jarang2 ngenet..palagi akhir bulan wwakaakka ;p

    Reply

  2. crunchcrisppassionate
    Mar 05, 2010 @ 02:08:05

    :)).. betul Ninshq. Ada euforia dan kepuasan setelah menuliskan apa yang gw rasakan waktu. Dan berharap2 cemas, penasaran menanti kira2 bagaimana respon lo. Sayangnya MRB nya berlangsungnya ga lamaaaa ya..keburur sibuk masing-masing..

    Reply

Leave a comment